BEDA SI SUKSES DAN SI GAGAL


Sukses itu adalah mereka yang berfikir untuk memecahkan masalah.

Gagal itu adalah yang berfikir dalam masalah.

Suskes itu tak kehabisan ide.

Gagal itu tak pernah habis udzurnya.

Sukses itu melihat jalan keluar dalam masalah.

Gagal itu melihat masalah dalam jalan keluar.

Sukses itu berkata, jalan keluar itu sulit tapi mungkin dilakukan.

Gagal itu berkata, jalan keluar itu mungkin tapi sulit.

Sukses itu memiliki cita-cita yang akan diwujudkan.

Gagal itu memiliki angan-angan dan mimpi yang mengacaukan.

Sukses itu berkata, “bergaulah dengan manusia dalam pergaulan yang kamu suka diperlakukan.”

Gagal itu berkata, “tipulah manusia sebelum manusia menipumu.”

Sukses itu melihat adanya cita-cita dalam pekerjaannya.

Gagal itu melihat kesusahan dalam pekerjaannya.

Sukses itu melihat masa yang akan datang dan merencanakan langkah-langkahnya untuk mewujudkannya.

Gagal itu melihat masa lalu dan tenggelam dengannya.

Sukses itu memilih apa yang dia katakan.

Gagal itu mengatakan apa yang dia pilih.

Sukses itu berdebat dengan kemampuan dan bahasa yang lembut.

Gagal itu berdebat dengan kelemahan dan bahasa yang kasar.

Sukses itu membuat peristiwa.

Gagal itu dibentuk peristiwa.

Wuiihh .. nampol banget yak ? Yes, gitu deh beda antara orang-orang yang punya mental sukses dan gagal. Yang satu bakal jadi winner, yang satu mental loser. Belum apa-apa udah nyerah duluan. Ibarat kata nih, loser selalu kalah bahkan sebelum genderang perang ditabuh. Kasian yee!!!

So, semua peristiwa itu sebenarnya “netral” kok. Kita aja yang lebay dan suka melabeli dengan predikat “mengerikan kelas wahid”. Hmmmmm, padahal kalu dipikir-pikir, sejak awal kita kudu siap dengan mental ala ‘sales-force’ yang tahan banting. Ditolak itu biasa. Yang gak biasa adalah kalau kita terjerembab, terkungkung, mengutuki diri sendiri, dan berkubang dalam penyesalan tiada ujung (halahh .. bahasanya bodoo, alayy pisan!!)

Nah, that’s why, mindset is soooo important, beib! Pilihan untuk mengusung mental winner dari loser, berasal dari “mindset” alias pikiran masing-masing orang. Allah pun sudah menerangkan di dalam Hadist Qudsi, “Aku selalu menurutkan persangkaan hamba-Ku. Jika ia berbaik sangka kepada-Ku (berpikir positif), maka ia akan mendapatkan dari apa yang disangkakan. Dan jika ia berburuk sangka kepada-Ku (berpikir negative), maka ia akan mendapatkan apa yang disangkakanya tersebut.”

Tuuhh, Allah saja sudah me-warning kita, untuk selalu berbaik sangka alias khusnudzan pada ketetapan apapun yang Ia berikan. Bukankah semua kejadian yang kita alami di dunia yang fana ini adalah scenario dari Allah semata? So, buat selalu jadi the winner, pilih buat positive thinking aja dahh!!

Buat para juara dan calon-calon maestro, tancapkan dalam hati kalau semua yang digariskan oleh Allah adalah ‘jalan cerita terbaik’ buat kita. Jangan gampang menyerah, galau-mellow, apalagi putus asa. Duhkahh, plisduehheheh!!

Allah berfirman, “…Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.” (QS. Yusuf [12]: 87). Gubraakk! Mau disebut orang kafir???

Di dalam ayat yang lain Allah berfirman, “Jangan bersedih sesungguhnya Allah bersama kita.” (QS. At-Taubah [9]: 40). Jadi kenapa kita harus sedih dan putus asa dari rahmat-Nya? Allah selalu ada dan bersama kita kok !!

Orang-orang yang tak mudah putus asa adalah mereka yang memiliki kecerdasan yang bernama Adversity Quotient. Kecerdasan ini diperoleh setelah seseorang melewati tantangan dan kesusahan dalam hidupnya, dan mereka berhasil bertahan dan mampu mengatasi segala tantangan dan kesusahan hidup tersebut. Setiap orang yang sukses di dunia ini PASTI mereka pernah mengalami jatuh bangun dalam hidupnya.

Hal yang membedakan orang-orang yang sukses dengan yang gagal adalah, orang-orang sukses menjadikan tantangan dan kesulitan yang dialami sebagai batu pijakan untuk dapat meloncat lebih tinggi lagi. Orang-orang yang sukses adalah mereka yang dapat mengubah segala rintangan, tantangan, dan hambatan dalam hidupnya menjadi sebuah kesempatan besar untuk meraih kesuksesan.

Orang sukses adalah tipe orang-orang yang tak mau langsung menyerah saat terhadang tembok. Orang-orang ini pegang komitmen sungguh-sungguh untuk sukses. Masalah itu satu paket dengan solusi, dengan catatan: tidak mudah menyerah!!

Wahai para pemuda harapan bangsa, singsingkan lengan bajumu! Hadapi semua tantanganmu! Be Positive ! Taklukkan smua rintangan dan jadilah Jawara sejati! Be a Great Champion!

Leave a comment